Thursday, May 10, 2012

Saat Uda Sakit (pengalaman pertama)

Setelah hampir dua tahun ini tinggal bareng suami, baru kali ini uda yg sakitnya lumayan parah. Biasanya cuman flu biasa, dikasi obat flu istirahat sebentar, bangun udah segar lagi. Kalau sekarang udah tiga hari badan uda masih panas aja, tidak kuat berdiri, mual dan nafsu makannya bener-bener turun drastis malah bisa dibilang nggak mau makan. Aku sempat bingung dan sedikit panik dibuatnya. Aku sampe ngecek tangan/badan uda untuk memastikan apa ada bintik-bintik merah atau nggak. Uda panasnya sih nggak naik turun tapi ya itulah akunya udah mikir macem-macem: apa uda DBD?atau tipus? Tapi uda bilang kalau ini terinfeksi virus dan memang begini, mungkin butuh waktu tiga harian. 

Hari pertama sakit, aku (sebagai perawat satu-satunya di rumah) baik-baik saja. Di hari kedua, badanku mulai terasa pegal-pegal dan sakit kepala serta tenggorokan seret. Wah, tidak bisa dibiarkan nih pikirku, karena kalau akunya juga 'tumbang' siapa lagi yang ngerawat. Mertua memang tidak jauh tapi sungkan kalau sampe merepotkan mereka. Alhamdulillah nafsu makanku tidak turun, jadi semua doping vitamin C aku minum, konsumsi sayur dan air putih ditingkatkan. Alhamdulillah di hari ketiga ini segala gejala-gejala tersebut berhenti jadi bisa lebih fokus lagi untuk merawat uda. Revisi thesis pun jadi prioritas nomor sekian yang penting my hubby is the priority.

Terbayang olehku, gimana ya para orang tua saat menghadapi anak-anaknya sakit? Aku aja saat menghadapi suami sakit (yang tidak seperti biasanya ini) sudah sempat dibuat agak panik, apalagi mengahadapi anak-anak yang umurnya masih kecil dan mungkin masih belum bisa mengutarakan apa yang terasa atau apa sakit nya. Salut memang untuk para orang tua terutama ibu.

Teriring salam salut dan cintaku untuk ayahbunda dan ayahbunda mertua 


3 comments:

  1. Semoga cepet sembuh, nanda juga sehat selalu..

    ReplyDelete
  2. syafakalloh ya buat suami nanda....semoga juga nanda diberi kesehatan dan kekuatan dalam merawat uda nya...

    ReplyDelete
  3. Amiiin...makasih mbak rinda dan mbak okta...sampe hari ini (udh hari ke4) suami masih sakit...kemungkinan kena tipus katanya...nanti sore mau di konfirmasi ke internist...mhn doanya ya mbak2...makasih :)

    ReplyDelete