Saturday, January 11, 2014

Dr. atau DR.?

Tidak satu dua kali sy dipanggil dokter karena pada surat pengantar tertulis penulisan huruf D besar dan r kecil di depan nama, pun pada tes kesehatan kali ini. Sampai ada seorang staf administrasi yg mengatakan: "Harusnya ditulisnya D besar dan R besar, bu". Saya hanya tersenyum, tdk mau mendebat krn setahu saya apa yg dituliskan di surat pengantar tsb sudah benar. 

Untuk lebih jelasnya bisa di cek di beberapa link berikut ini :

 [1] http://www.ditpsmk.net/?page=artikel;138

12] http://id.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Pedoman_penulisan_singkatan_dan_akronim


Terkait dengan penulisan gelar yang menggunakan huruf D dan R, aturan penulisan yg benar bisa disimpulkan sebagai berikut [2]:

  • Dr.(H.C.) digunakan untuk gelar kehormatan Doktor Honoris Causa yaitu doktor kehormatan yang diberikan oleh suatu perguruan tinggi kepada seseorang sesuai dengan ketokohan dalam suatu bidang tertentu.
  • Dr. adalah singkatan doktor, suatu gelar pendidikan Strata Tiga (S3). Dr. merupakan gelar akademik tertinggi. Contoh penulisan yang salah: DR. IR. HARYADI atau DR. IR. Haryadi; seharusnya: Dr. Ir. HARYADI atau Dr. Ir. Haryadi.
  • dr. adalah singkatan bagi dokter (ahli penyakit) yang merupakan sebutan profesional untuk seseorang yang telah menyelesaikan pendidikan profesi dokter. Contoh penulisan yang salah: DR. USMAN atau Dr. Usman; seharusnya: dr. USMAN atau dr. Usman.


  • No comments:

    Post a Comment