Saturday, November 24, 2012

Gehu alias Tahu Isi


Sebenarnya beragam sekali resep dari Gehu di internet. Tapi dari sekian banyak resep yg ku dapat baik dari internet, televisi maupun teman, akhirnya aku memilih resep berikut; yg menurutku mudah dan cepat :D. Resep ini aku modifikasi sedikit dari sebuah resep Gehu yg ada di internet (lupa nama situsnya).

Bahan Utama: 
Tahu (2 batang). Disini aku menggunakan tahu batang biasa (bukan tahu kulit yg biasanya org pake untuk buat tahu isi). Maklumlah karena cuman tahu batang itu yg tersedia di rumah, hehe...
Tahu di bagi dua, menjadi potongan bujur sangkar, lalu potongan itu di bagi dua lagi secara menyilang sehingga di peroleh bentuk segitiga. Jadi dapatnya 8 potong.

Bahan Isi:
1. Toge, satu genggam
2. Wortel, 1 buah, di parut. (Tapi kalau dari pengalaman tadi, kayaknya lebih baik wortel di potong halus panjang-panjang daripada di parut)
3. 1 siung bawang putih ukuran sedang.
4. 1 siung bawang merah.
5. Garam secukupnya.
6. Merica secukupnya.

Bahan Kulit:
1. Tepung terigu, 2 sdm.
2. Tepung beras, 2 sdm.
3. Garam secukupnya.
4. Gula secukupnya (bisa ditiadakan/sesuai selera aja).
5. Air secukupnya.

Cara membuat:
1. Tahu yg sudah di potong di goreng sampai didapatkan pinggiran tahu yg kering.
2. Kerok bagian tengah tahu, sisihkan. Hasil kerokan tahu ini nantinya akan digabungkan dengan bahan isi lainnya setelah bahan isi ditumis.
3. Bahan isi: Panaskan minyak, tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Masukkan toge, wortel, merica, garam, aduk sampai layu. Matikan kompor. Lalu campurkan kerokan tahu dengan bahan isi tsb.
4. Kulit: Campur tepung terigu, tepung beras, garam, gula dan air. Aduk hingga rata. Jangan sampai terlalu encer.
5. Ambil 1 sdm adonan isi (atau sesuai keinginan), masukkan ke dalam tahu. Celupkan ke dalam adonan kulit, goreng dalam minyak dengan api sedang hingga kecoklatan.
6. Gehu siap di hidangkan dan di santap ^^

No comments:

Post a Comment