Thursday, September 27, 2012

Manusia oh manusia....manusiawi?

Apa yang terjadi dalam hidup ini yang melibatkan manusia sebagai subjeknya, seringkali membuat aku tersenyum.Ya, men-senyum-i diri sendiri sebagai manusia yang merupakan bagian dari kehidupan itu sendiri :). Berikut beberapa contoh:

1. Tentang pernikahan.
Suatu saat ada beberapa orang teman meminta tolong dicarikan jodoh: "Aku udah pengen banget menikah, Nda..", begitu satu kalimat inti yang kucatat. Tapi di waktu yg lain, ada seorang teman yang baru 5 bulan menikah berkata: "Ternyata berumah tangga itu tidak gampang ya Nda..", lalu dia lanjutkan dengan keluhan-keluhan lainnya dengan mata yang berkaca-kaca.

2. Tentang anak. 
Betapa aku merindukan sosok buah hati itu hadir menemani kehidupan pernikahanku yang beberapa minggu lagi memasuki usia 4 tahun. Tapi di tempat lain, ada temanku yang mengatakan bahwa betapa repotnya punya anak itu, bahkan ada yang bilang: "Sebenarnya aku belum siap jadi Ibu, Nda", padahal si anak ada di dekatnya. Untung si anak tidak mengerti apa yang dikatakan ibunya karena masih sangat kecil. Seandainya dia mengerti, apa yang dia rasakan saat mendengar ibunya berkata demikian ya?hmm....

3.Tentang pekerjaan (baca: penghasilan per bulan). 
Seorang teman yang tiap bulannya bergaji puluhan juta, mengeluh tidak betah dan stress di kerjaan itu dan kalau bisa ingin berhenti. Di  belahan dunia lain, ada seorang mbak yg harus membiayai empat orang anaknya dengan penghasilan yang tidak sampai sejuta per bulannya dan ratusan ribu bahkan jutaan orang-orang yang jungkir balik untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Miris ya?

Yah, begitulah manusia....lucu...tapi ya manusiawi? Silakan di jawab sendiri :D

No comments:

Post a Comment