Tuesday, January 13, 2015

Men Are From Mars, Women are from Venus...Why?

Ya, kali ini adalah pengalaman pertamaku mengajar di depan kelas IAD. Materi yang dibawakan bisa dikatakan tidak terlalu berat (karena semuanya ada di buku ajar :D) yaitu tentang Sistem Tata Surya kita. Aku berpikir untuk membuat mereka tidak bosan karena materinya bersifat hafalan dan  pastinya mereka sudah pernah mendapatkan materi ini sebelumnya. Karena itu aku berupaya untuk selalu melibatkan mereka sepanjang perkuliahan sehingga materi tersampaikan tidak hanya satu arah saja.

Saat menjelaskan tentang planet, mereka kuajak untuk belajar menganalisa melalui sebuah pertanyaan yg diajukan, sbb:

"Ada sebuah buku yang berjudul: "Men are from Mars, Women are from Venus" yg ditulis oleh John Gray. Pertanyaannya adalah kira-kira kenapa penulis memilih planet Mars untuk laki-laki dan Venus untuk perempuan?"

Dan ternyataaaaaa,.....jawaban mahasiswa sangat beragam dan saat dibacakan mampu membuat suasana kelas kembali bergairah di tengah siang itu :D . Berikut tiga jawaban yang sempat ada di catatanku (sebenarna ada beberapa lagi yg menarik tp ternyata kertas-kaertas jawabannya sudah tdk ditemukan hiks...):

1. Laki-laki dilambangkan Mars karena warna planet yg merah melambangkan keberanian, yg layaknya dimiliki oleh para lelaki. Perempuan dilambangkan dengan Venus karena Venus memiliki banyak kekurangan/kelemahan, sama dengan wanita yang lebih banyak bermain perasaan dibanding logikanya.

2. Laki-laki dilambangkan dengan Mars karena Mars adalah planet yg labil. Sedangkan Venus adalah planet yg stabil dan mempunyai keindahan tersendiri.

3. Laki-laki dilambangkan dengan Mars karena warnanya yg merah yg melambangkan sebuah kekuatan yg kuat dari yg lainnya. Merah melambangkan kekuatan. Perempuan dikatakan dari Venus karena Venus tdk mengandung uap air dan oksigen. Jadi ditafsirkan bahwa perempuan dikatakan sebagai makhluk yg lebih lemah dari laki-laki dan membutuhkan bantuan pria. Venus juga lbh dekat dengan matahari, maksudnya perempuan lbh mudah mendapatkan masalah. (apa coba hubungannya :D)

#latepost

No comments:

Post a Comment